Rabu, 09 Januari 2019

Strategi Pengembangan dan Tata Ruang Perabot Dalam Perpustakaan



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Apakabar semuanya, Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT amin... Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan kalian tenteng cara menyusun atau menata perabot di Perpustakaan tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk memenuhi tugas akhir (UAS) pada mata kuliah” Tata Ruang Perpustakaan” oleh dosen Ibu Lili Sudria Wenny M. Hum. Jika kalian ingin mengetahuinya kalian bisa langsung melihat penjelasannya di bawah yaa...

                                      
Bab 5
“Tata Ruang dan Prabot Dalam Perpustakaan”
Tata ruang perpustakaan adalah sebuah gedung ataupun ruangan yang bersifat penting dalam penyelenggaraan perpustakan. Perpustakaan itu sendiri berfungsi sebagai unit pelayanan jasa yang harus menyediakan sarana kerja yang cukup dan permanen untuk menampung sebuah koleksi, fasilitas, staf dan unit kerja lainnya. Sarana yang di maksud adalah sarana yang berupa fisik dalam bentuk ruangan atau gedung, dalam bentuk ini perpustakaan dapat berkembang serta berjalan dengan lancar dalam pelaksanaannya. Gedung atau ruangan merupakan bangunan yang sepenuhya diperuntukan bagi seluruh aktivitas sebuah perpustakaan, untuk itu keberadaan gedung atau ruangan perpustakaan secara mutlak perlu ada, karena perpustakaan tidak mungkin digabungkan dengan unit-unit kerja yang lain di dalam satu ruangan (Sutarno, 2006).
 Fungsi perpustakaan adalah sebagai pusat informasi serta pengetahuan yang memiliki tugas dan fungsi yang strategis seperti halnya menyediakan fasilitas ruang baca yang aman dan nyaman. Serta adanya pelayanan yang ramah dan aman seperti adanya layanan berikut:
1.      Area Penerimaan
Area penerimaan ini merupakan area yang terpenting dalam sebuah perpustakaan araea ini bisa di bilang sebagai area terdepan bagi setiap perpustakaan karna pada area ini pengunjung bisa merasakan nyaman atau tidaknya perpustakaan tersebut sehingga penataan perabot serta disain-disain lainnya bisa di sesuaikan dengan luasnya perpustakaan
2.      Area Koleksi
Area koleksi pada perpustakaan memiliki fungsinya tersendiri seperti kita ketahui koleksi merupakan salah satu faktor utama dalam mendirikan suatu perpustakaan dengan adanya kualitas koleksi yang baik maka akan baik pula tingkat penilaian perpustakaan tersebut. Dalam menata koleksi tersebut pihak perpustakaan harus mampu menyesuaikan pada situasi atau luasnya area perpustakaan sehingga dapat dengan mudah area koleksi itu di jangkau oleh pemustaka.
3.      Area Membaca
Area membaca ini sanagat penting keberadaanya karna pada area membaca ini pengunjung bisa berdiam lama untuk menghabiskan waktunya dalam membaca buku. Dalam hal ini perpustakaan harus bisa menyusun perabot serta tata ruang yang seefisien mungkin, pemilihan warna juga sangat penting bagi ruangan ini juga sanagat di ajurkan seperti tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.
4.      Area Multimedia/Audiovisual
Pada area ini perpustakaan yang memiliki perlengkapan elektronik yang cukup banyak juga harus bisa menyediakan ruangan multimedia yang sangan nyaman dan aman bagi pengguna, adanya penataan barang-barang seperti tv, video/DVD dapat tersimpan dengan rapih.
5.      Area Kerja Petugas
Pada area ini merupakan area kerja bagi para petugas perpustakaan, pada area ini juga terdapat perabot atau barang-barang yang merupakan fasilitas pendukung bagi pustakwan yang bekerja sehingga harus di tata senyaman mungkin agar petugas bisa bekerja dengan nyaman.
6.      Area Penunjang
Agar mendukung adanya kelancaran kegiatan bagi setiap kegiatan di perpustakaan , perlu adanya area penunjang seperti WC, Mushollah, Ruang diskusi, dll. Sehingga dapat menyempurnakan kegiatan di perpustakaan.

Bab 6
“Strategi Pengembangan Lanjutan”
Adanya penataan ruang dan prabot perpustakaan yang tepat mampu mendukung upaya mewujudkan citra perpustakaan masa kini, sehingga adanya berbagai prinsip penataan telah diuraikan dalam rangka mewujudkan lingkungan perpustkaan yang lebih baik. Berikut ini ada beberapa strategi lanjutan untuk dapat meningkatkan peran perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat.
1.       Fleksibilitas Fungsi Perpustakaan Umum
Keberadaan perpustakaan di suatu daerah berhubungan erat dengan peradaban dan budaya manusia. Kondisi perpustakaan menunjukan tingkat kemajuan masyarakat di sekitarnya, dalam hal ini perpustakaan umum memiliki peran yang unik dalam hal meningkatkan minat baca, tempat menyediakan informasi, serta merupakan pintu gerbang bagi masyarakat untuk mengespresikan aktivitas mereka.
2.      Aspek ramah Lingkugan Dalam Desain Tata Ruang Perpustakaan Umum
Pada aspek ini perpustakaan mampu mendisain perpustakaan yang memiliki daya nilai baik dengan adanya aspek ramah lingkungan ini perpustakaan mampu mentata atau mengkelola ruang-ruang yang baik pula dalam segi tata letak dan segi keramahan
3.      Pemanfaatan Teknologi Dalam Pengelolaan Perpustakaan
Dalam hal ini pustakawan harus mampu memanfaatkan teknologi yang telah tersedia untuk memperlancar dan mempermudah pekerjaan rutinitas di perpustakaan. Contoh seperti penggunaan OPAC (Online Public Acces Catalogue) untuk penelusuran koleksi dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada pustakawan khususnya tentang teknologi informasi.
4.      Pengembanagan Perpustakaan Umum Dengan Partisipasi Masyarakat
Semakin banyaknya pengetahuan teknologi informasi masyarakat harus pintar-pintar dalam mencari informasi yang lebih akurat, dengan adanya fungsi internet pada saat ini tentu masyarakat lebih memilih melihat informasi dari internet dibanding harus datang ke perpustakaan. Akan tetapi hal ini tidak selamanya benar karna kebutuhan masyarakat dapat terkordinasi dengan baik, mereka mengerti bahwa internet tidak selalu memiiki data informasi yang akurat seperti Perpustakaan.
inilah informasi singkat yang dapat saya jelaskan di blog pribadi saya. Apabila banyak kesalahan dalam kalimat atau kata yang kurang berkenan kalian bisa saja langsung komen di kolom komen di bawah ini agar semoga bermanfaat bagi saya dan juga kalian untuk kedepannya. Dan semoga informasi yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua, Terimakasih...

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....


Daftar Pustaka:
pustakapusdokinfo.wordpress.com
repository.usu.ac.id
ejournal.its.ac.id
ejournal.unp.ac.id
media.neliti.com

1 komentar: