Rabu, 16 Januari 2019

Repository... Apa Itu Repository?


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh....
Apakabar semuanya, Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT amin... Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan teman-teman apa itu repository bagi kalian yang belum mengetahui apa itu repository kalian bisa saja langsung baca postingan aku kali ini yaa... yuk di liat.

Bagi seorang mahasiswa tentu sangat sering mendapatkan tugas untuk membuat makalah, pada tugas makalah tersebut tentu kalian sebagai mahasiswa harus pintar-pintar mencari sumber informasi yang di dapat agar hasil makalah kalian sesuai yang di harapkan. Banyak dari kita yang sering menggunakan sumber blog dalam sebuah referensi dan pada hasilnya sumber referensi blog tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan seperti halnya tidak adanya kejelasan siapa yang menulis artikel tersebut, pada selebihan mahasiswa kini sudah beralih ke Repository untuk mencari sumber Informasi yang jelas. Dan bagi kalian yang belum mengetahui apa itu repository kalian bisa lihat di sini.
Repository adalah sebuah tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang di dalamnya menyimpan karya-karya ilmiah yang berupa digital yang di hasilkan oleh civitas akademika. Dengan adanya repository sebuah universitas bisa menjalankan kegiatan pelestarian karya. Manfaat Repository di sini juga sangat penting keberadannya karna repository dimanfaatkan untuk setiap mahasiswa atau yang bukan mahasiswa untuk mencari sumber bahan referensi saat mengerjakan tugas yang berbentuk makalah. Di repository ini kalian mahasiswa bisa mendapatkan informasi melalui karya-karya dosen seperti jurnal, artikel, atau bahkan hasil penelitia dosen yang telah di digitalkan, jadi bagi kalian mahasiswa tidak perlu khawatir untuk mengutip sumber yang tidak jelas. Di repository ini kalian bisa langsung mengutip sumber referensi yang jelas sesuai dengan bidang dan keperluan kalian.
UIN Jakarta merupkan Universitas yang sudah menggunakan atau memanfaatkan Repository. Repository pada UIN Jakarta sudah dikelola oleh pusat perpustakaan UIN Jakarta. Repository UIN Jakrta sudah menyediakan koleksi-koleksi seperti artikel, jurnal, karya ilmiah, tesis, dan bahkan skripsi, data-data tersebut didapat dari semua fakultas yang ada di UIN Jakarta. Untuk informasi lebih jelas lagi kalian bisa saja langsung kunjungin link ini:
inilah informasi singkat yang dapat saya jelaskan di blog pribadi saya. Apabila banyak kesalahan dalam kalimat atau kata yang kurang berkenan kalian bisa saja langsung komen di kolom komen di bawah ini agar semoga bermanfaat bagi saya dan juga kalian untuk kedepannya. Dan semoga informasi yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian semua.
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

12 komentar: